Analisis Jurnal 1
Pengarang: Moh Nur Irfanudin
Saputra dan Toto Sugiharto
Tema: Pelayanan terhadap Konsumen
Judul: Analisis tingkat
Kepentingan dan Kinerja Layanan: Studi Kasus pada Bank BCA dan Bank
Mandiri
Tahun: 2007
Latar Belakang Masalah:
Kegiatan perbankan adalah suatu kegiatan
yang tidak hanya berpusat pada suatu kegiatan transaksi saja, tetapi
juga perlu dibutuhkan suatu kepercayaan dan komunikasi yang baik
antara Bank dan nasabahnya. Oleh karena itu, tidak hanya system dan
kinerja yang penting untuk suatu Bank tingkatkan, tetapi juga suatu
Pelayanan yang terbaik kepada nasabah nya juga perlu ditingkatkan
Riset:
1. Analisis kualitas pelayanan terhadap
nasabah
2. Analisis penanggulangan masalah yang
dihadapi Nasabah Motivasi: Dari analisis penelitian disini, kita
dapat melihat perbandingan kualitas pelayanan yang didapat oleh
nasabah di Bank BCA dengan Bank Mandiri. Dan bagaimana tindakan yang
dilakukan kedua Bank tersebut dalam menghadapi kendala atau masalah
yang dihadapi nasabah. Masalah: Terkadang masih Bank-bank yang tidak
memberikan Full Service atau Pelayanan terbaik mereka. Bias saja itu
terjadi karena beberapa factor , bisa dari factor internal maupun
factor eksternal. Tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa pelayanan yang
buruk terhadap nasabah dapat membuat nasabah tersebut merasa tidak
nyaman dan bisa saja membuat mereka menarik dana mereka dari Bank
tersebut.
Tujuan Penelitian:
1. Agar kita mengetahui kinerja
pelayanan terhadap nasabah dalam suatu Bank
2. Faktor-faktor apa saja yang
menyebabkan kualitas pelayanan nasabah baik atau tidak bisa bersumber
dari Internal maupun Eksternal dari Bank dan nasabah sendiri.
Metodologi
Penelitian:
Jenis Data yang digunakan dalam penellitian ini adalah Data Primer.
Teknik yang digunakan dalam pengumpulandata adalah instrumen
kuesioner. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah
non probability sampling dengan metode yang digunakan adalah
Snowball sampling. Kuesioner
dirancang untuk mengumpulkan data kepuasan nasabah berdasarkan 5
dimensi utama service quality, yaitu:
-Tangible (bukti fisik)
-reliability (keandalan)
-Assurance (jaminan)
-responsivvines (daya tanggap)
Empathy (empati)
Hasil:
Kualitas
pelayanan dari Bank Mandiri dan Bank BCA menurut sebagian besar
nasabahnya adalah Baik.
Analisis
Jurnal 2
Pengarang: Hotniar Siringoringo
Tema: Pelayanan terhadap Konsumen
Judul: Pengukuran Tingkat
Kepuasan Tertanggung pada PT. Asuransi Jasa Indonesia
Tahun: 2003
Latar Belakang Masalah:
Salah Satu hal yang perlu dievaluasi
adalah kepuasan konsumen terhadap produk yang ditawarkan harus
dilakukan secara berkala. Seperti halnya industry jasa dan lainnya,
pelayanan dan wujud fisik merupakan satu kesatuan yang membentuk
produk pada PT Asuransi Jasa Indonesia. Menjaga loyalitas konsumen
adalah hal yang kompleks, karena keterlibatan pembuatan produksi pada
konsumen sangat tinggi. Konsumen yang puas akan loyal terhadap
perusahaan. Riset: Melakukan penyebaran kuesioner terhadap karyawan,
dimana didalam kuesioner tersebut terdapat pertanyaan-pertanyaan yang
berisikan tentang pelayanan, premi, klaim dan risiko sendiri.
Penelitian ini masih terbatas dalam mengkaji masalah kepuasan
tertanggung dalam pelayanan , pembayaran premi dengan birokrasinya,
penggantian klaim dengan birokrasinya dan resiko sendiri yang harus
dibayarkan.
Motivasi:
Dengan banyaknya jasa asuransi yang
beredar sekarang di Negara Indonesia, dapat kita survey dan kita
teliti bagaimana kinerja dan kualitas serta kepercayaan yang didapat
apabila kita menggunakan jasa asuransi.
Tujuan Penelitian:
1. Kita dapat mengetahui bagaimana
system kinerja dari asuransi apabila kita melakukan suatu klaim,
pembayaran premi dll.
2. Kita dapat mengetahui sejauh mana
pelayanan – pelayanan dan kepuasan pelayanan yang didapat apabila
kita menggunakan jasa asuransi.
Metode
Penelitian:
-Data yang dikumpulkan merupakan
data primer dengan mengumpulkan daftar pertanyaan
-Daftar pertanyaan diberikan kepada
karyawan dan karyawati PT Krakatau Steel yang merupakan tertanggung
dari PT Asuransi Jasa Indonesia (ASINDO)
-Pertanyaan dibuat tertutup dengan
jumlah pertanyaan sebanyak 40 Butir
Pertranyaan meliputi klaim, resiko,
pelayanan, premi dan resiko sendiri.
-Pengolahan data diawali dengan cara
penyuntingan (editing) dan pengkodean (coding)
-Penyusunan dan penghitungan data
yang diperoleh dari hasil pengkodean disajikan dalam bentuk tabel,
diagram, dan grafik.
Hasil:
Pelayanan yang diberikan perusahaan
secara keseluruhan sudah cukup memuaskan, namun demikian perbaikan
tetap harus dilakukan khususnya terhadap indikator waktu, yang
mendapatkan respon negatif.
Analisis
Jurnal 3
Tema: Pelayanan terhadap Konsumen
Judul: PENGUKURAN KUALITAS
PELAYANAN KARTU PRA BAYAR PRO XL DI WILAYAH DEPOK
Pengarang: Lira Indriwinangsih
dan Sudaryanto
Tahun: 2006
Latar Belakang Masalah:
Kepuasan pelanggan merupakan salah satu
hal yang paling penting bagi suatu perusahaan, terutama perusahaan
yang bergerak di bidang pelayanan dan jasa, baik itu industri rumahan
maupun di perusahaan besar. Telekomunikasi belakangan ini semakin
berkembang seiring dengan kemajuan teknologi dalam bidang seluler.
Kemajuan inipun didorong dengan alasan semakin banyaknya persaingan
yang terjadi di antara masing-masing provider yang bersaing
menciptakan keunggulan dalam pelayanan penyedia jasa kartu pra bayar,
baik jasa pelayanan materi dalam kartu, maupun jasa pelayanan fisik
antara pihak penyedia jasa dan pelanggan pada saat terjadi komplain
ataupun transaksi. Pelanggan yang merasa terpuaskan akan memberikan
tambahan nilai positif, yaitu kesetiaan pelanggan. Pelanggan yang
setia bukan hanya akan terus menggunakan pelayanan tersebut, tetapi
juga akan menyakinkan orang lain untuk turut serta merasakan
pelayanan yang tersedia sebagai pelanggan baru. Riset: Data yang
digunakan dalam penelitian adalah data primer. Variabel penelitian
adalah harapan dan persepsi, yang diukur menggunakan lima dimensi
Servqual. Instrumen penelitian adalah kuesioner. Respondennya adalah
mahasiswa. Kuesioner terlebih dahulu diuji validitas dan
reliabilitasnya. Kuesioner dikembangkan sesuai dengan dimensi
servqual Parasuraman. Data yang terkumpul selanjutnya diolah untuk
mencari selisih persepsi dan harapan konsumen. Selisih persepsi dan
harapan konsumen akan menunjukkan tingkat kepuasan konsumen.
Penentuan atribut kualitas yang perlu diperbaiki diolah menggunakan
diagram kartesius.
Motivasi Penelitian:
jk pelayanan yang diharapkan lebih kecil
dari persepsi pelayanan aktual yang diterima, maka pelanggan akan
merasa sangat terpuaskan. Jika pelayanan yang diharapkan sama dengan
persepsi pelayanan aktual yang diterima, maka pelanggan akan merasa
cukup terpuaskan. Namun, Jika harapan pelayanan lebih besar
dibandingkan dengan persepsi pelayanan aktual yang diterima, maka
pelanggan merasa tidak terpuaskan. Secara umum, apabila selisih
positif maka pelanggan dianggap sangat puas terhadap pelayanan dari
perusahaan
Tujuan Penelitian:
Mengkaji lebih dalam bagaimana cara
dalam pelayanan terhadap konsumen sehingga konsumen tersebut bisa
menjadi nyaman. Karena konsumen adalah factor utama dari keuntungan
suatu perusahaan.
Nama : INDAH PERMANASARI
Kelas : 3EA10NPM : 13209727
Tidak ada komentar:
Posting Komentar